Pengelasan Tidak Sempurna, Kawasaki Recall Ninja H2

Suara.com – Badan keselamatan dan transportasi Amerika Serikat atau NHTSA memerintah Kawasaki untuk melakukan penarikan kembali (recall) terhadap model Ninja H2. Hal ini menyusul ditemukannya masalah pada motor berkecepatan tinggi racikan Kawasaki tersebut.

Dalam laporannya, NHTSA menemukan adanya sistem pengelasan yang tidak sempurna antara pin pemasangan dudukan tengah dan braket di sisi kiri. Akibat masalah ini, sepeda motor bisa patah saat dikendarai dan berisiko terjadinya kecelakaan bagi pengendaranya.

Mengutip Motorsportsnewswire, masalah ini sebenarnya tidak hanya ditemukan di Amerika Serikat. Di negara asalnya, Kawasaki juga sudah menerima keluhan serupa mengenai sistem pengelasan yang tidak sempurna.

Kawasaki sendir terus mengumumkan penarikan kembali kepada para konsumen. Tercatat sebanyak 390 model terpengaruh masalah pengelasan. Dimana model dengan kode produksi VIN JKBZXVB10JA000006 sampai JKBZXVB10JA000605 merupakan model yang terdampak.

Akibat masalah ini, Kawasaki meminta pemilik H2 dengan VIN terdampak untuk mendatangi diler dan langsung mendapat perbaikan tanpa ditarik biaya.